KEGIATAN & WARNA SARI














PETUGAS PIKET SOSIAL BULAN MEI 2015

Piket Pelayanan Sosial Ekonomi bulan bulan Juni 2015 adalah lingkungan St. Andreas dengan petugas Ibu Jongki 573 9990 / 573 6388





LINGKUNGAN


Selama masa prapaskah, umat katolik diajak mempersiapkan iman menyambut kebangkitan Sang Juru Selamat berikut ini adalah kegiatan yang diadakan di lingkungan



LINGKUNGAN WAKTU KEGIATAN TEMPAT
       
1. St. Andreas      
       
2. St. Fransiskus Xaverius    
       
3. St. Lukas      
       
4. St. Maria      
       
5 .Mgr. Sugiyopranoto      
       
6. St. Yusup      
       
7 .St. Veronika      
       
8. St. Yohanes      
       
9. St. Thomas    

 

       
10,J.K. Darmoyuwono      
       
       
       
       
       

Dimohon kehadiran seluruh warga Lingkungan dan membawa Rosario



KOOR LANSIA

Koor Lansia membuka pendaftaran anggota koor. Pendaftaran dapat melalui para pelatih : Ibu Maria Margaretha Sri Marani Soejarto (0812.9883931) dan Ibu Regina Amekae (0852.17936955) setelah misa.




DAFTAR PETUGAS LITURGI












AGENDA RAPAT & PERTEMUAN / KEGIATAN





PELATIHAN TANGGAP BENCANA
Untuk Anda kaum muda dan berjiwa muda yang berkomitmen, bertanggung jawab dan siap sedia menjadi relawan, bergabunglah dalam kegiatan Pelatihan Tanggap Bencana yang akan diadakan pada hari Jumat - Minggu, 10-12 Juli 2015 di Lido Sukabumi.Kegiatan ini terbuka untuk kaum muda yang tinggal sementara (kost/kontrak) di wilayah Paroki Kristus Raja ataupun juga warga luar paroki. Pendaftaran setelah misa di babies room (GRATIS).





SEKSI & KATEGORIAL


LANSIA
Lansia akan memulai kegiatan senam gembira setiap hari Sabtu pk. 06.00 kecuali hari hujan.

SEMINAR HIDUP DALAM ROH
Persekutuan Doa Kristus Raja mengadakan Seminar Hidup Dalam Roh Kudus pada hari Senin, 22 Juni 2015 pk. 19.00 di Babies Room . subtema : Menerima Karunia Allah Pewarta: Ignatia Bernadette Maringka ( Atje ).


JADWAL BAPTIS BAYI
Sakramen Baptis untuk bayi akan dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Juni 2015 pk. 11.00 di Kapel. Formulir pendaftaran dapat diambil di sekretariat paroki.


KEGIATAN OMK
Mengajak teman-teman kaum muda untuk bergabung sesuai minat :
1. Seni Musik : berupa latihan dan bermain musik bersama, akan diadakan pada hari Jumat, 26 Juni 2015 pk. 19.00 – selesai di basemen GKR.
2. Olah Raga : Lari pagi, akan dimulai pada hari Minggu, 21 Juni 2015 pk. 06.00 berkumpul di area sekitar Bunda Maria.

PENGUMPULAN PAKAIAN LAYAK PAKAI
Seksi Pelayanan Sosial dan Ekonomi (SPSE) menerima sumbangan pakaian layak pakai untuk digunakan dalam pasar murah lebaran. Sumbangan dapat diberikan ke Pastoran Lama Jl. Danau Buyan, ditunggu sampai paling lambat tgl. 22 Juni 2015

UCAPAN TERIMA KASIH
Seksi Pelayanan Sosial dan Ekonomi (SPSE) mengucapkan terima kasih kepada FC Bintang Sempurna yang telah menyediakan spanduk dan umat Paroki Pejompongan serta umat lainnya yang telah berpartisipasi dalam kegiatan cek lab dan donor darah pada hari Sabtu/Minggu, 30-31 Mei 2015 (SPSE).


HATI-HATI
Umat Paroki Pejompongan dimohon agar berhati-hati apabila didatangi oleh oknum yang meminta uang dengan mengatasnamakan Gereja. Sudah 1 minggu terakhir, ada kediaman umat GKR yang didatangi oleh oknum yang mengaku bernama “Alex” dan tinggal didaerah Jakarta Barat dengan ciri-ciri sbb. : pria dewasa, usia + 30 th, perawakan sedang / tinggi + 170 cm, kulit sawo matang, rambut pendek rapih dan mengendarai sepeda motor. Oknum tsb sangat pintar berbicara dan “mengarang cerita” untuk dikasihani tentang kesulitan biaya dalam mengurus perkawinan sedangkan calon istrinya sudah hamil besar. Oknum tsb mengaku sudah menghadap Pastor Paroki untuk mengurus perkawinan Gereja tetapi mendapati kendala dan disarankan untuk mengurus perkawinan sipil terlebih dahulu dengan diberikan uang sekedarnya oleh Pastor, sehingga ybs membutuhkan tambahan uang untuk pengurusan pencatatan sipil. Dimohon agar umat waspada dan melapor/bertanya kepada Ketua Lingkungan atau Sekretariat Paroki di no. telpon 5734375 apabila ada oknum yang meminta uang dengan mengatasnamakan hal-hal yang menyangkut Gereja





WARNA SARI


PENDAFTARAN ANGGOTA BARU MISDINAR

Putra-Putri Altar St. Tarsisius Gereja Kristus Raja Pejompongan membuka pendaftaran anggota baru dengan syarat usia minimal telah menerima Komuni Pertama dan maksimal kelas 2 SMA. Formulir pendaftaran dapat diambil di Babies Room setelah misa selesai. Informasi selengkapnya dapat menghubungi: Anastasia 0857.7444.4135



AYO SEKOLAH

TERTARIK MENJADI PENYANTUN AYO SEKOLAH?
AYO SEKOLAH adalah program bantuan pendidikan bagi anak usia sekolah dari keluarga yang kurang mampu di paroki kita. Misi utama AYO SEKOLAH adalah menyambung harapan anak-anak agar terus bersekolah dan memberi mereka kesempatan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pada kesempatan ini kami mengetuk hati Bapak/Ibu untuk kerelaannya menjadi orang tua asuh agar program ini bisa berjalan terus dan tidak pernah berhenti. Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi Tim Penyantun Ayo Sekolah GKR yaitu: Melani Debbyati Ramli No. HP. 0816 – 1107910 / Ursula Rini Dewanti 0816 – 1889734 / Ernita Miliani 0812 – 18500800


KELAHIRAN SANTO YOHANES PEMBAPTIS


Ayah Yohanes ialah Zakarias, seorang imam di Yerusalem. Ibunya Elisabeth adalah seorang puteri keturunan kaum Harun. Kedua orang tua ini saleh tetapi tidak mempunyai anak sampai hari tuanya, sebab Elisabeth mandul. Mereka sungguh mengharapkan seorang anak, namun usia yang sudah lanjut sungguh menipiskan harapan itu. Meski demikian mereka tetap berharap pada Tuhan dan berkanjang dalam dosa.

Doa-doa mereka kiranya dikabulkan Tuhan. Sekali peristiwa, ketika Zakarias mendapat giliran melayani Tuhan di Bait Allah, tampaklah kepadanya Malaikat Gabriel. “Jangan takut Zakarias, karena Allah mengabulkan permohonanmu; Elisabeth isterimu akan mengandung dan melahirkan bagimu seorang anak laki-laki dan haruslah kau namai dia Yohanes Ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati-hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagiNya”, kata malaikat itu kepadanya (Luk1:5-25).

Zakarias menjadi bisu dan tidak dapat berbicara karena ia ragu dan tidak percaya kepada khabar dari malaikat Allah itu. Ia baru dapat sembuh dan dapat berbicara lagi ketika Yohanes lahir, terutama ketika nama Yohanes diberikan kepada sang bayi itu. Ketika Yohanes lahir, banyak orang berkata: “Akan menjadi apakah anak ini kelak? Sebab tangan Tuhan menyertai dia.”
Tugas Yohanes sebagaimana tertulis dalam Injil, ialah menjadi bentara Al-Masih, Yesus Kristus, Sang Penebus. Kuasa roh didalam dirinya telah terasa semenjak ada dalam kandungan ibunya. Hal ini dapat terlihat dalam peristiwa pertemuan Maria dan Elisabeth (Luk1:39-45). Hidup dan peranannya berkaitan dengan pribadi Yesus, Al-Masih. Ia adalah utusan Allah yang mendahului kedatangan Al-Masih. Yesus sendiri menyebut Yohanes ‘sang nabi’, bahkan lebih besar daripada para nabi. Karena itu kelahirannya sungguh menggembirakan banyak orang. Sebagaimana nabi-nabi lain ditolak dan dianiaya oleh umat, kepada siapa mereka di utus Allah, kematian Yohanes Pemandi pun sangat tragis. Atas perintah Herodes, raja wilayah Yudea, Yohanes Pemandi ditangkap dan dipenjarakan karena ia berani mengecam Herodes yang berani mengambil Herodias-isteri saudaranya, Filipus-menjadi isteri. Akhirnya, atas bujukan dan akal busuk Herodias, Herodes memerintahkan untuk memenggal kepala Yohanes Pemandi (Mat14:1-12; Luk9:9-7).

Setelah kematiannya, selesailah tugas dan mulailah Yesus tampil di hadapan umum untuk mewartakan datangnya Kerajaan Allah. (www.imankatolik.or.id) Baptisan Bayi



SANTA ETHELDREDA, PENGAKU IMAN


Santa Etheldreda yang disebut juga “Santa Audrey”, lahir di Exning, Suffolk, Inggris kira-kira pada tahun 630. Ia adalah puteri Raja Anna dari Anglia Timur dan saudara St. Sexburga, St. Ethelburga dan St. Withburga.

Walaupun Santa Etheldreda menikah dua kali-keduanya karena alasan kenegaraan, ia tetap bersikeras menghayati kaul kemurnian hidup bagi Allah. Suaminya yang pertama setuju menjalankan pantang perkawinan demi tagaknya kaul kemurnian itu. Ketika suaminya meninggal, ia mengundurkan diri ke Pulau Ely, salah satu wilayah yang berada di bawah kekuasaan Inggris. Disini Etheldreda menyepi seorang diri dalam khlawat yang mendalam.

Di kemudian hari, dia memenuhi keinginan keluarganya, ia menikah lagi dengan Pangeran Muda Egfrid dari Northumbria. Mulanya, Etheldreda sanggup menjalankan kaul kemurnian tanpa ada gugatan dari Egfrid suaminya; namun ketika Egfrid menjadi Raja Northumbria, ia menuntut Etheldreda agar memenuhi kewajibannya sebagai isteri. Ia menuntut penghayatan hidup perkawianan yang sungguh-sungguh sebagaimana layaknya suami dan isteri. Dengan tegas Etheldreda menolak tuntutan Egfrid itu karena ia tidak sudi mengkhianati kaulnya. Ia meminta bantuan Santo Wilfrid, Uskup York, untuk mendukung pendiriannya dan memperkuat keputusannya. Dengan dukungan Winfrid, Etheldreda kembali ke Ely untuk bertapa dan berdoa. Disana ia mendirikan sebuah biara pada tahun 673. Sebagai abbas, ia memimpin biaranya dengan aturan hidup yang keras.

Etheldreda meninggal dunia pada tanggal 23 Juni 679 di Pulau Ely. Jenazahnya dikuburkan di Ely. Konon terjadi banyak sekali mukzijat di kuburnya. (www.imankatolik.or.id)



IE. KERASULAN KELUARGA & SIE.KERASULAN KITAB SUCI


Bagi umat atau keluarga, yang ingin menyelesaikan masalah perkawinan berkaitan dengan persiapan perkawinan dan pembicaraan seputar masalah keluarga yang lain, bisa menghubungi Bp. Andre Sumariyatmo, ketua SKK di HP no : 0815.9267.355 atau 0819.0820.8446 atau PIN BB : 22F7CC5C.


T I P S


TIPS AGAR TIDAK MENGGANGGU MISA:

1. Datanglah sebelum misa dimulai, sehingga ada kesempatan berdoa sebelumnya.

2. Jika anda terlambat datang dalam misa:
Anda akan mengganggu umat yang sudah lebih dulu hadir jika mencari tempat duduk saat umat yang lain: berlutut, mendengarkan: bacaan atau Injil atau homili, kecuali Petugas tata laksana mengijinkan anda.

3. Jangan mengobrol saat misa:
sekalipun suara anda perlahan (orang dibelakang anda akan terganggu dengan gerak-gerik anda), apalagi jika bersuara; kiri-kanan, depan-belakang akan terganggu.

4. Matikan perangkat gadget anda, hidupkan kembali saat misa selesai.




DATANG TERLAMBAT ATAU NGOBROL SAAT MISA


MENGGANGU UMAT LAINNYA;


PULANG CEPAT == >> MENOLAK BERKAT