KEGIATAN & WARNA SARI














PETUGAS PIKET SOSIAL BULAN MARET 2016

Piket Pelayanan Sosial Ekonomi bulan Mei 2016 adalah Lingkungan Kard. JK Darmoyuwono dengan petugas Ibu Monica Moedioto 570 0004, Ibu Sembiring 570 5105 dan Ibu Soenyoto Hadi 573 2781.


LINGKUNGAN

Selama masa masa prapaskah, umat katolik di KAJ diajak mempersiapkan iman menyambut kebangkitan Sang Juru Selamat melalui Kitab Suci dengan tema “Kerahiman Allah yang Memerdekakan”. Berikut ini adalah kegiatan yang diadakan di Lingkungan:

LINGKUNGAN WAKTU KEGIATAN TEMPAT
       
1. St. Andreas Kamis,   26 Mei   pk. 19.30 Rosario Kel. alm PC Hadiprastowo
       
2. St. Fransiskus Xaverius Rabu,    25 Mei   pk. 19.00 Rosario Kel. Hengky Prabowo,
       
3. St. Lukas      
       
4. St. Maria Rabu,    25 Mei   pk. 19.00 Rosario Kel. Susanto, Jl Bendungan Jatiluhur 93
       
5 .Mgr. Sugiyopranoto Rabu,    25 Mei   pk. 19.00 Rosario Kel. Eddy Mardiwan
       
6. St. Yusuf      
       
7 .St. Veronika Rabu,    25 Mei   pk. 19.00 Rosario Kel. Simon PS
       
8. St. Yohanes      
       
9. St. Thomas Rabu,    25 Mei   pk. 19.00 Rosario Kel. Simon PS
       
10,J.K. Darmoyuwono      
       
11. Kawula Muda      
       
       
       



Untuk mengenal lebih dekat dengan umatnya, RD Jacobus Tarigan akan mengadakan tatap muka dalam suasana santai dengan warga di lingkungan, pengurus seksi, organisasi dan kelompok. Berikut ini adalah jadwal kunjungannya dalam kurun 1 minggu :

WAKTU LINGKUNGAN/SEKSI   TEMPAT
       
Senin,    23 Mei   pk. 19.30 Lingk. Kard. Darmoyuwono   Ibu Meis
       
Senin,    25 Mei   pk. 19.30 Lingk. St. Veronika   Kel. Stefanus Beda
       
Senin,    26 Mei   pk. 19.30 Lingk. St. Yusuf   Kel. Costaman
       
Senin,    27 Mei   pk. 19.30 Lingk. St. Thomas   Kel. Sihotang
       


AGENDA RAPAT & PERTEMUAN / KEGIATAN


LANSIA
Lansia akan memulai kegiatan senam gembira setiap hari Sabtu pk. 06.00 kecuali hari hujan.

REKOLEKSI KE-3, TAHUN SUCI LUAR BIASA KERAHIMAN ILAHI
Rekoleksi umat ke-3 dalam rangkaian kegiatan Tahun Suci Luar Biasa Tahun Kerahiman Ilahi akan diadakan pada hari Sabtu, 2 April 2016 pk. 08.30 – 10.30 di Basement dengan sub.tema Kerahiman Allah dalam Hidup Membiara dan Imamat akan dibawakan oleh RD. A.Widianto.

ZIARAH ROHANI KE-3
Sebagai rangkaian kegiatan Yubilium Kerahiman Allah, salah satunya adalah kegiatan Ziarah Rohani ke 9 Gereja di KAJ. Paroki Kristus Raja akan kembali mengadakan Ziarah Rohani yang ke-3 pada hari Sabtu, 28 Mei 2016 ke Gereja Cilincing, Gereja Santa Anna Klender, Wisma Samadi Klender. Berangkat pk. 07.00 dari Gereja Kristus Raja. Peserta akan dikenakan biaya Rp. 40.000 dan terbatas hanya untuk 50 peserta. Pendaftaran dapat menghubungi Bpk Simon 0812.8136.684 atau Ibu Susi 0812.9178.0569.


WARNA SARI

UCAPAN TERIMA KASIH
Mengucapkan terima kasih kepada RD Jack Tarigan, RD Thomas Ulun, RD Rudy Hartono, RD Y. Sulistiadi, RD Rochadi, RD Paulus CM, RD Sri Danto, RD Tunjung Kesuma, Bp. Simon PS, Koster, Sekretariat, SSL Lingkungan, serta seluruh umat Gereja Kristus Raja Pejompongan yang tidak dapat disebutkan satu persatu atas perhatian dan dukungan moril material bagi Ibu Veronica Liani Herawati sejak dirawat sampai meninggal.  (Kel. Besar Ibu Veronika Liani Herawati).  

PENDAFTARAN ANGGOTA BARU MISDINAR
Putra-Putri Altar St. Tarsisius Gereja Kristus Raja Pejompongan membuka pendaftaran anggota baru dengan syarat usia minimal telah menerima Komuni Pertama dan maksimal kelas 2 SMA. Formulir pendaftaran dapat diambil di Babies Room setelah misa selesai. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Anastasia: 085774444135

ARAH DASAR KAJ 2016 -2020
Tahukah anda bahwa dalam kurun waktu 5 tahun kedepan (2016-2020) KAJ telah memiliki suatu pedoman kerja yang disebut Arah Dasar KAJ 2016-2020, selama 5 tahun kedepan KAJ akan memprioritaskan Dalam Ardas 2016-2020 :
1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu
2. Meningkatkan kualitas pelayanan pastoral dan kader awam
3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan
4. Meningkatkan belarasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih
5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. Buku yang berisi Pokok Gagasan serta Implementasi Ardas KAJ 2016-2020 dapat diunduh di website KAJ, www.kaj.or.id


OMK KAJ GOES TO IYD 2016 MANADO
Indonesian Youth Day (IYD) merupakan pertemuan Orang Muda Katolik (OMK) se-Indonesia. IYD 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 1-7 Oktober 2016, di Keuskupan Manado. Bagi OMK KAJ yang berusia 17-35 tahun dan mau jadi bagian IYD 2016 sebagai kontingen KAJ, daftarkan diri kalian ke Seksi Kepemudaan Paroki. Hanya ada 2 kuota untuk masing-masing Paroki. Kriterianya silakan lihat di www.kaj.or.id.


AYO SEKOLAH

TERTARIK MENJADI PENYANTUN AYO SEKOLAH?
AYO SEKOLAH adalah program bantuan pendidikan bagi anak usia sekolah dari keluarga yang kurang mampu di paroki kita. Misi utama AYO SEKOLAH adalah menyambung harapan anak-anak agar terus bersekolah dan memberi mereka kesempatan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pada kesempatan ini kami mengetuk hati Bapak/Ibu untuk kerelaannya menjadi orang tua asuh agar program ini bisa berjalan terus dan tidak pernah berhenti. Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi Tim Penyantun Ayo Sekolah GKR yaitu: Melani Debbyati Ramli No. HP. 0816 – 1107910 / Ursula Rini Dewanti 0816 – 1889734 / Ernita Miliani 0812 – 18500800

Membuka pendaftaran bagi anak-anak, umat Paroki Gereja Kristus Raja yang membutuhkan bantuan pendidikan mulai dari TK s/d SMA untuk tahun ajaran 2015/2016. Keterangan lebih lengkap dapat menghubungi Sdri. Wina (0818 133 142) atau Lily (0816 139 9925).



IE. KERASULAN KELUARGA & SIE.KERASULAN KITAB SUCI


Bagi umat atau keluarga, yang ingin menyelesaikan masalah perkawinan berkaitan dengan persiapan perkawinan dan pembicaraan seputar masalah keluarga yang lain, bisa menghubungi Bp. Andre Sumariyatmo, ketua SKK di HP no : 0815.9267.355 atau 0819.0820.8446 atau PIN BB : 22F7CC5C.

"AMALKAN PANCASILA. KERAHIMAN ALLAH MEMERDEKAKAN"

Aksi Puasa Pembangunan 2016: "AMALKAN PANCASILA. KERAHIMAN ALLAH MEMERDEKAKAN"
Gereja dari tahun ke tahun selalu bergerak dan melangkah, dan oleh karenanya membutuhkan semacam panduan agar arah yang dituju jelas dan tidak menyimpang. Panduan juga bisa berfungsi menginisiasi gerakan-gerakan yang terjadi, agar sungguh sesuai dengan arah Gereja. Dalam hal ini gerakan diharapkan muncul dari paroki, kelompok, dan umat. Keuskupan Agung Jakarta di tahun 201.5 menegaskan jatidiri, arah dan tujuan yang dicanangkan untuk tahun 2016-2020. Hal tersebut dikenal dengan nama Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta 2016-2020.

Secara khusus, tema selama lima tahun ke depan adalah "Amalkan Pancasila". Sedangkan tiap tahun akan ada tema tersendiri. Di tahun 2016 tema yang dipilih adalah "Kerahiman Allah Memerdekakan". Tema inilah yang kemudian juga menjadi tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2016, "Amalkan Pancasila. Kerahiman Allah Memerdekakan".

Beberapa contoh gerakan yang dapat dilakukan untuk menanggapi Kerahiman Allah yang Memerdekakan.

• Menjadikan komunitas kita, baik di lingkungan, wilayah maupun Gereja, sebagai komunitas yang berani memberi ruang bagi orang lain, walaupun berbeda agama. Menjadikan komunitas kita sebagai komunitas yang berani bergerak Secara aktif menyapa dan menginisasi gerakan bersama dengan umat beragama lain, baik dalam kegiatan karitatif, maupun bentuk kerjasama yang lain. Banyak kesempatan yang bisa diambil, semisal dengan kegiatan bakti sosial bersama, kegiatan peduli pangan bersama, kegiatan saling mengunjungi di Hari Raya keagamaan, berani menawarkan diri menjaga tempat ibadah lain saat mereka membutuhkan dsb.

• Berani mencari anggota komunitas yang tersisih, terpinggirkan, dan bahkan mungkin menjauh, untuk kemudian merangkul dan mengajaknya kembali ke dalam persekutuan umat beriman.

• Komunitas kita bisa menjadi komunitas yang berani mengampuni anggota komunitas yang pernah bersalah. Bila ada anggota komunitas kita pernah disingkirkan karena kesalahannya, maka di Tahun Kerahiman Allah Memerdekakan ini merupakan kesempatan untuk berani bersikap seperti Allah yang Maharahim. Mengampuni, menerima, dan memberi kesempatan kepada yang bersalah.

• Keuskupan Agung Jakarta sudah mempunyai gerakan belarasa untuk yang sakit dan meninggal, yang bernama Berkhat Santo Yusuf (BKSY). Dari gerakan belarasa ini bisa dikembangkan pula gerakan keluarga santun BKSY. Orang atau keluarga yang kondisi sosial ekonominya mampu diundang dan diajak untuk memperhatikan umat lain yang miskin, dan kemudian membayari iuran tahunan keluarga yang tidak mampu tersebut.

• Gereja Katolik Keuskupan Agung Jakarta memiliki gerakan Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK) yang sangat bagus. Gerakan ini adalah-wujud kesadaran berbelarasa terhadap sesama yang berkekurangan. Sebagai tanggapan untuk terlibat dalam Kerahiman Allah yang memerdekakan, apakah kita berani memberi sebuah jaminan kepada anak-anak penerima beasiswa ASAK, bahwa mereka pasti mendapatkan beasiswa sampai sekolah selesai. Memberi rasa nyaman, tenang dan bisa memberi kehidupan yang lebih terjamin kepada anak¬anak tersebut merupakan wujud nyata. Barang tentu juga sebagai wujud mengamalkan Pancasila yang nyata, memberi beasiswa lintas agama kepada anak-anak yang membutuhkan akan menjadi sebuah jalan yang kongkret

• Bidang pangan adalah bidang yang biasanya mempunyai kaitan relatif mudah dengan kemanusiaan dan kemiskinan.

• Di banyak Paroki ada program bedah rumah atau renovasi rumah. Program ini mewujudnyatakan Kerahiman Allah yang memberi perhatian dan belarasa kepada yang membutuhkan. Allah yang penuh kasih peduli kepada orang kecil, maka kita pun bisa melakukannya pula terhadap yang membutuhkan bantuan di bidang perumahan ini
Tahun 2016 dengan arah menjadi Gereja yang mengarah kepada Allah Maharahim Memerdekakan, merupakan tahun di mana Gereja akan makin mampu menumbuhkembangkan diri menjadi Gereja yang makin solider, makin berbelarasa, makin terbuka, dan makin menunjukkan kemurahan hatinya. Semua lapisan umat, baik pribadi, keluarga, lingkungan, komunitas, maupun Gereja lokal dan Universal, haruslah makin menampakkan wajah Allah yang Maharahim.

APP kita merupakan sarana yang sudah terbukti selama puluhan tahun (tahun 2016 akan menginjak tahun ke 45) menjadi salah satu cara kita menampilkan wajah Allah yang Maharahim dengan berbagai kegiatan clan gerakan yang mengarah pada belarasa, berbagi clan peduli. Di tahun 2016 bertepatan dengan tema APP "Kerahiman Allah Memerdekakan", kiranya akan makin mampu menginisiasi dan menstimulus lebih banyak kegiatan dan gerakan bagi kaum kecil, lemah, miskin, terpinggirkan dan difabel (KLMTD).

Dengan tema besar selama 5 tahun (2016-2020) "Amalkan Pancasila" kita dapat membuat kegiatan dan gerakan yang lebih luas menyentuh sekian banyak orang dan makin menginiasi dan menstimulus hidup dalam damai, kerjasama, dan saling mengasihi antar pemeluk agama berbeda, antar suku berbeda, antar ras berbeda. Pada tahap ini Gereja akan makin mampu menampakkan wajah Allah yang Maharahim, kepada semua orang. (disarikan dari Kerangka Acuan Tema APP 2016)







T I P S


TIPS AGAR TIDAK MENGGANGGU MISA:

1. Datanglah sebelum misa dimulai, sehingga ada kesempatan berdoa sebelumnya.

2. Jika anda terlambat datang dalam misa:
Anda akan mengganggu umat yang sudah lebih dulu hadir jika mencari tempat duduk saat umat yang lain: berlutut, mendengarkan: bacaan atau Injil atau homili, kecuali Petugas tata laksana mengijinkan anda.

3. Jangan mengobrol saat misa:
sekalipun suara anda perlahan (orang dibelakang anda akan terganggu dengan gerak-gerik anda), apalagi jika bersuara; kiri-kanan, depan-belakang akan terganggu.

4. Matikan perangkat gadget anda, hidupkan kembali saat misa selesai.




DATANG TERLAMBAT ATAU NGOBROL SAAT MISA


MENGGANGU UMAT LAINNYA;


PULANG CEPAT == >> MENOLAK BERKAT