KEGIATAN & WARNA SARI














PETUGAS PIKET SOSIAL BULAN MARET 2017

Piket Pelayanan Sosial Ekonomi bulan Maret 2017 adalah lingkungan J.K. Darmoyuwono dengan petugas piket Ibu Moedioto 021 - 5700004, Ibu Soenyoto 021 - 5732781 dan ibu Sembiring 021 -5705105


LINGKUNGAN

Selama masa masa prapaskah, umat katolik di KAJ diajak mempersiapkan iman menyambut kebangkitan Sang Juru Selamat melalui Kitab Suci dengan tema “Kerahiman Allah yang Memerdekakan”. Berikut ini adalah kegiatan yang diadakan di Lingkungan:

LINGKUNGAN WAKTU KEGIATAN TEMPAT
       
1. St. Andreas Kamis, 9 Maret pkl.19.30 Pendalaman Iman ke-1 Kel. Hendra / Ibu Peggy
       
2. St. Fransiskus Xaverius   Pendalaman Iman ke-1  
       
3. St. Lukas   Pendalaman Iman ke-1  
       
4. St. Maria   Pendalaman Iman ke-1  
       
5 .Mgr. Sugiyopranoto Rabu, 8 Maret pkl. 19.00 Pendalaman Iman ke-1 Kel. Ibu Lesmana
       
6. St. Yusuf   Pendalaman Iman ke-1  
       
7 .St. Veronika Selasa, 7 Maret pkl. 19.00 Pendalaman Iman ke-1 Bp. Budi Sukendro Rusun II lt. 8.
       
8. St. Yohanes   Pendalaman Iman ke-1  
       
9. St. Thomas Selasa, 7 Maret pkl. 19.00 Pendalaman Iman ke-1 Bp. Budi Sukendro Rusun II lt. 8.
       
10,J.K. Darmoyuwono   Pendalaman Iman ke-1  
       
       
       
       
       


AGENDA RAPAT & PERTEMUAN / KEGIATAN


LANSIA
Lansia akan memulai kegiatan senam gembira setiap hari Sabtu pk. 06.00 kecuali hari hujan.



WARNA SARI

ARAH DASAR KAJ 2016 -2020
Tahukah anda bahwa dalam kurun waktu 5 tahun kedepan (2016-2020) KAJ telah memiliki suatu pedoman kerja yang disebut Arah Dasar KAJ 2016-2020, selama 5 tahun kedepan KAJ akan memprioritaskan Dalam Ardas 2016-2020 :
1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu
2. Meningkatkan kualitas pelayanan pastoral dan kader awam
3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan
4. Meningkatkan belarasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih
5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. Buku yang berisi Pokok Gagasan serta Implementasi Ardas KAJ 2016-2020 dapat diunduh di website KAJ, www.kaj.or.id

SANTO ANDREAS, RASUL 30 NOVEMBER
Andreas, salah seorang dari keduabelas Rasul Yesus, Tuhan kita. Mulanya ia berguru pada Yohanes Pembaptis; tetapi kemudian ia bersama seorang kawannya mengikuti dan menjadi murid Yesus, segera setelah Yohanes mengarahkan perhatian murid-muridnya kepada Yesus dengan menyebutNya "Anak Domba Allah" yang dinantikan Israel (Yoh 1:36-42).

Saudara Simon Petrus ini adalah nelayan kelahiran Betsaida, sebuah kota di tepi danau Genesaret (Mrk 6:45; Yoh 1:44; 12:21). Ayahnya Yohanes (Yona) adalah juga seorang nelayan di Kapernaum, sebuah kota yang letaknya 4 km sebelah barat muara Yordan pada danau Genesaret. Andreas-lah yang membawa Simon saudaranya (yang kemudian disebut Yesus 'Petrus', Si Batu Karang) kepada Yesus. Bersama Yakobus dan Yohanes (anak-anak Zebedeus). Andreas dan Simon adalah murid-murid Yesus yang pertama. Ketika beberapa orang Yunani mau bertemu dengan Yesus, Andreas-lah yang membawa mereka kepada Yesus dan menyampaikan maksud mereka itu kepadaNya. Karena keutamaannya ini, Santo Beda menjuluki dia "Pengantar kepada Kristus.

Andreas memainkan suatu peran yang penting di dalam peristiwa-peristiwa kehidupan Yesus. Ia hadir pada saat Yesus mengadakan mujizat perbanyakan roti kepada lima ribu orang; bahkan justru dialah yang memberitahukan kepada Yesus perihal anak lelaki kecil yang membawa lima ketul roti dan dua ekor ikan itu (Yoh 6:5-9). Ia juga ada di antara empat orang rasul yang mempertanyakan kepada Yesus perihal tibanya hari akhirat (Mrk 13:3, 4).

Setelah Yesus naik ke surga, Andreas ada di antara rasul-rasul lainnya di ruang atas untuk menantikan turunnya Roh Kudus yang dijanjikan Yesus. Konon, ia kemudian mewartakan Injil di Scytia dan Yunani, dan kemudian menurut tradisi (yang agak diragukan), ia pergi ke Byzantium, di mana ia mengangkat Stachys menjadi Uskup setempat.

Di mana, kapan, dan bagaimana Andreas wafat kurang diketahui jelas. Namun seturut tradisi, ia wafat di Patras, Acaia, digantung pada sebuah salib yang berbentuk huruf "X" (silang). Ia bergantung di salib itu selama 2 hari, dan selama itu ia terus berkotbah kepada khalayak yang datang menyaksikannya. Ia tidak dipakukan melainkan diikat saja pada salib itu, sehingga lebih lama ia menderita sebelum menghembuskan nafasnya. Salib ini kemudian dinamakan orang "Salib Santo Andreas".

Pada masa pemerintahan Kaisar Konstansius II, salib relikui Andreas itu dipindahkan dari Patras ke gereja para Rasul di Konstantinopel. Sesudah kota itu rusak oleh Perang Salib pada tahun 1204, maka salib itu dicuri dan kemudian disimpan di katedral Amalfi di Italia. Kurang jelas apakah ia pernah berkotbah di Rusia dan Skotlandia seperti yang dikatakan oleh tradisi. Yang jelas ialah bahwa ia dijadikan pelindung kedua negara itu. (www.imankatolik.or.id)


AYO SEKOLAH

TERTARIK MENJADI PENYANTUN AYO SEKOLAH?
AYO SEKOLAH adalah program bantuan pendidikan bagi anak usia sekolah dari keluarga yang kurang mampu di paroki kita. Misi utama AYO SEKOLAH adalah menyambung harapan anak-anak agar terus bersekolah dan memberi mereka kesempatan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pada kesempatan ini kami mengetuk hati Bapak/Ibu untuk kerelaannya menjadi orang tua asuh agar program ini bisa berjalan terus dan tidak pernah berhenti. Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi Tim Penyantun Ayo Sekolah GKR yaitu: Melani Debbyati Ramli No. HP. 0816 – 1107910 / Ursula Rini Dewanti 0816 – 1889734 / Ernita Miliani 0812 – 18500800

Membuka pendaftaran bagi anak-anak, umat Paroki Gereja Kristus Raja yang membutuhkan bantuan pendidikan mulai dari TK s/d SMA untuk tahun ajaran 2015/2016. Keterangan lebih lengkap dapat menghubungi Sdri. Wina (0818 133 142) atau Lily (0816 139 9925).



IE. KERASULAN KELUARGA & SIE.KERASULAN KITAB SUCI


Bagi umat atau keluarga, yang ingin menyelesaikan masalah perkawinan berkaitan dengan persiapan perkawinan dan pembicaraan seputar masalah keluarga yang lain, bisa menghubungi Bp. Andre Sumariyatmo, ketua SKK di HP no : 0815.9267.355 atau 0819.0820.8446 atau PIN BB : 22F7CC5C.

SANTO BARNABAS, RASUL

Riwayat hidup Barnabas dapat ditemukan di dalam Kisah Rasul bab 4, 9, 11, 13 dan 15. Ia berasal dari Siprus, keturunan bangsa Yahudi dari suku Lewi. Ia bersedia menerima nama baru “Barnabas” (Putera Penghiburan) yang diberikan para rasul sebagai pengganti nama aslinya, Yosef. Ia dikenal luas karena hubungannya dengan Paulus. Barnabaslah yang menghantar Paulus kepada para Rasul untuk menceritakan peristiwa penampakan Tuhan pada Paulus di tengah perjalanannya ke Damsyik untuk menangkap orang-orang Kristen di sana. Ia-lah yang menyakinkan para rasul tentang kehidupan baru Paulus setelah peristiwa penampakan Tuhan itu. Keberanian Paulus mengajar di Damsyik dalam nama Yesus juga dijelaskan kepada mereka.

Ketika terdengar berita bahwa di Antiokia sudah banyak orang bertobat dan percaya kepada Yesus, maka para pemimpin Yerusalem mengutus Barnabas kesana untuk melayani mereka. Di Antiokia Barnabas mengajar umat tentang Kristus yang hidup dan meneguhkan mereka dengan teladan hidupnya yang saleh. Selama berada disana, ia berhasil mempertobatkan banyak orang lagi dan selalu meminta mereka agar tetap setia kepada Tuhan. Setelah itu ia pergi ke Tarsus untuk menemui Paulus. Setelah bersua dengan Paulus, mereka kembali ke Antiokia. Suatu ketika, Roh Kudus menaungi mereka dan bersabda: “Khususkanlah Barnabas dan Paulus bagiKu untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka!” Setelah berpuasa dan berdoa, mereka meletakkan tangan ke atas kedua orang itu dan membiarkan mereka pergi. Dari sana mereka berlayar ke Siprus. Setibanya di Salamis, mereka mewartakan Sabda Tuhan dalam rumah ibadat Yahudi. Yohanes Markus membantu mereka.

Dalam misi pertama penyebaran Injil di Asia kecil itu, mereka mempertobatkan banyak orang. Tetapi sebaliknya mereka pun mengalami banyak penderitaan demi Injil Kristus. Karena umat baru dari bangsa-bangsa bukan Yahudi itu dirisaukan oleh anggota-anggota umat yang dipimpin Yakobus, maka umat Antiokia mengutus Barnabas dan Paulus ke Konsili Yerusalem (tahun 49 / 50). Konsili ini menetapkan syarat penerimaan orang kafir ke dalam pangkuan Gereja tanpa harus menjalani aturan hukum Taurat. Setelah perkara itu tuntas, Paulus mengajukan usul kepada Barnabas: “Mari kita mengunjungi saudara-saudara di semua kota, dimana kita telah menaburkan benih Sabda Tuhan, untuk melihat keadaan mereka.” Barnabas setuju dan membawa serta orang yang dahulu telah meninggalkan mereka di Pemfilia. Hal ini menjadi pangkal perselisihan antara mereka berdua. Barnabas membawa Markus berlayar ke Siprus.



T I P S


TIPS AGAR TIDAK MENGGANGGU MISA:

1. Datanglah sebelum misa dimulai, sehingga ada kesempatan berdoa sebelumnya.

2. Jika anda terlambat datang dalam misa:
Anda akan mengganggu umat yang sudah lebih dulu hadir jika mencari tempat duduk saat umat yang lain: berlutut, mendengarkan: bacaan atau Injil atau homili, kecuali Petugas tata laksana mengijinkan anda.

3. Jangan mengobrol saat misa:
sekalipun suara anda perlahan (orang dibelakang anda akan terganggu dengan gerak-gerik anda), apalagi jika bersuara; kiri-kanan, depan-belakang akan terganggu.

4. Matikan perangkat gadget anda, hidupkan kembali saat misa selesai.




DATANG TERLAMBAT ATAU NGOBROL SAAT MISA


MENGGANGU UMAT LAINNYA;


PULANG CEPAT == >> MENOLAK BERKAT