KEGIATAN & WARNA SARI














PETUGAS PIKET SOSIAL BULAN MEI 2015

Piket Pelayanan Sosial Ekonomi bulan Juli 2015 adalah lingkungan J.K.Darmoyuwono, dengan petugas : Ibu Moedioto (5700004); Ibu Sembiring (5703105); Ibu Soenyoto (5732781).





LINGKUNGAN


Selama masa prapaskah, umat katolik diajak mempersiapkan iman menyambut kebangkitan Sang Juru Selamat berikut ini adalah kegiatan yang diadakan di lingkungan



LINGKUNGAN WAKTU KEGIATAN TEMPAT
       
1. St. Andreas      
       
2. St. Fransiskus Xaverius    
       
3. St. Lukas      
       
4. St. Maria      
       
5 .Mgr. Sugiyopranoto      
       
6. St. Yusup      
       
7 .St. Veronika Minggu, 12 Juli 2015 pk. 19.0 bulanan/arisan di rumah Kel. Sugiyanto
       
8. St. Yohanes      
       
9. St. Thomas      
       
10,J.K. Darmoyuwono      
       
       
       
       
       

Dimohon kehadiran seluruh warga Lingkungan dan membawa Rosario



KOOR LANSIA

Koor Lansia membuka pendaftaran anggota koor. Pendaftaran dapat melalui para pelatih : Ibu Maria Margaretha Sri Marani Soejarto (0812.9883931) dan Ibu Regina Amekae (0852.17936955) setelah misa.




DAFTAR PETUGAS LITURGI








AGENDA RAPAT & PERTEMUAN / KEGIATAN





GEMA EDISI TANGGAL 19 JULI TIDAK TERBIT:
Sehubungan dengan libur hari raya Idul Fitri, maka percetakan akan tutup. Oleh karena GEMA edisi tanggal 19 Juli 2015 tidak terbit. Gema akan terbit kembali pada edisi 26 Juli 2015. Harap maklum




SEKSI & KATEGORIAL


LANSIA
Lansia akan memulai kegiatan senam gembira setiap hari Sabtu pk. 06.00 kecuali hari hujan.

BINA IMAN ANAK :
Dalam rangka Libur sekolah, kegiatan Bina Iman Anak ikut diliburkan pada hari Minggu 19 dan 26 Juli libur; akan dimulai kembali pada hari Minggu, 2 Agustus. Mohon perhatian orang tua


PERPANJANGAN DAN PENDAFTARAN PESERTA BERHKAT SANTO YUSUP :
Program Berkat Santo Yusuf (BKSY) merupakan program asuransi khusus bagi seluruh umat katolik di Indonesia, Program Berkhat Santo Yusup berkomitmen akan memberikan perlindungan berupa 2 (dua) jenis santunan yaitu Kematian Rp. 10.000.000 dan Kesehatan (Rawat Nginap) 100.000 per hari maksimum 90 hari dalam 1 tahun.

Program BKSY akan membuka pendaftaran baru maupun perpanjangan bagi peserta yang berakhir kepesertaannya tanggal 31 Juli 2015. Kepesertaan akan berlaku mulai 1 Agustus 2015

Syarat Peserta:
* Masih tinggal didalam wilayah paroki Kristus Raja dan telah memiliki atau tercantum dalam Kartu Keluarga Paroki
* Pada tanggal 31 Juli 2015 sudah berusia 15 hari dan tidak lebih dari 80 tahun
* dokumen yang dilampirkan Fotocopy : KTP peserta (17 th keatas); KTP Ahli Waris ; Kartu Keluarg Paroki dan Kartu Keluarga Kelurahan
* Iuran : sebesar Rp. 80.000 untuk setiap orang selama tahun masa kepesertaan Jika anda berminat dan belum memiliki dokumen sebagaimana disebutkan diatas, silakan mulai sekarang anda mengurusnya.
Paling lambat tanggal 26 Juli 2015


UCAPAN TERIMA KASIH
Mengucapkan terima kasih kepada RD V. Rudy Hartono, RD Y. Sulistiadi, seluruh pengurus WKRI, PWK St. Monika, SPSE Paroki/lingkungan/ Cdv, BKSY, Lingk. J.K.Darmoyuwono, Ibu Budi, Ibu Rini Makinto, dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu atas doa dan kunjungan kepada Ibunda Maria Darmi pada saat di rawat di RSAL sampai berpulang ke rumah Bapa di surga. Doa dan cinta Romo/Bapak/Ibu/Sdr/i sekalian memberikan kekuatan bagi keluarga kami. Kiranya Allah Bapa memberkati Romo/Bapak/Ibu/Sdr/i sekalian dan seluruh keluarga. (Kel. A.Susilowati & A. Lucky Saerang)



APA ITU ENSIKLIK ? :
Secara etimologis, ensiklik berasal dari kata Latin “litterae encyclicae” yang asal muasalnya adalah kata Yunani `ekkuklios' yang berarti `according to…' dan kata `kuklos' yang berarti `circle'. Secara harafiah dapat diartikan “yang dikirim berkeliling”.

Ensiklik dalam Gereja Katolik
Dalam sejarah Gereja Katolik, pada mulanya ensiklik lebih dikenal dengan kata `circular' yang berarti surat edaran, surat yang berkeliling di antara para uskup dan uskup agung. Kemudian, mulai digunakan kata `litterae encyclicae' untuk menunjuk pada surat yang dikirimkan paus kepada para uskup. Sampai saat ini ensiklik digunakan untuk membedakannya dari surat-surat paus yang lain dengan namanya masing-masing, misalnya: bulla, exhortasi apostolik, dll.

Ensiklik merupakan sebuah surat yang bersifat agung dan universal, biasanya teks resmi ditulis dalam bahasa Latin kemudian diterjemahkan ke pelbagai bahasa lain. Ensiklik dikirim kepada para patriark, uskup agung dan uskup di seluruh dunia, bahkan terbuka untuk seluruh umat Allah.

Isinya tidaklah pertama-tama untuk menyampaikan suatu dogma atau ajaran Gereja yang baru, tetapi terutama untuk lebih menggarisbawahi iman Gereja mengenai suatu tema yang aktual. Tujuannya adalah mengemukakan pokok-pokok penting dari ajaran Gereja, menganalisa suatu situasi atau keadaan khusus atau juga mengangkat seorang tokoh yang patut diteladani.

Judul sebuah ensiklik biasanya diambil dari beberapa kata pertama dari keseluruhan teks ensiklik tersebut, di dalam bahasa Latin.

http://yesaya.indocell.net/



IMAN UNTUK ANAK, PERLUKAH ? :
dalam perbincangan dalam disebuah milist Katolik, salah seorang peserta Temu Pastoral KAJ 2015 (Pastor Samiran SCJ), menuturkan tentang sharing menarik dari Mgr I. Suharyo didepan peserta TEPAS. Mgr. I. Suharyo berkisah: Dalam satu pertemuan dengan umat, saat dialog tentang pemahaman arah dasar pastoral gereja KAJ, Mgr bertanya kepada umat:

Uskup: Bapak-ibu apakah soal iman itu penting?
Umat : Penting sekali Bapak Uskup!

Uskup:
Syukurlah. Apakah Ibu-bapak meng-les-kan anak-anak ibu bapak untuk Bahasa Inggris?
Umat : Ya Monsigneur.

Uskup :
Apakah Ibu-bapak meng-les-kan anak-anak ibu bapak untuk Matematika?
Umat : Ya iyalah Monsigneur, kalau anak sekarang tidak diles-privatkan gak mencukupi itu pelajaran di sekolah.

Uskup:
Bagus itu perhatian dan tanggung jawab yang baik. Apakah Ibu-bapak meng-les-kan anak-anak ibu bapak untuk Agama Katolik?
Umat : (umat hanya menjawab dengan senyum kecil : hehehehe)

Uskup:
+^*@????*^%$# .

Bagaimana umat di GKR ? Apakah para orang tua juga mengajak/memotivasi putra-putrinya mengikuti Bina Iman Anak ? Untuk anak-anak yang sekolah di sekolah non katolik, apakah para orang tua sungguh membekali pengetahuan tentang agama Katolik yang memadai ?



HATI-HATI
Umat Paroki Pejompongan dimohon agar berhati-hati apabila didatangi oleh oknum yang meminta uang dengan mengatasnamakan Gereja. Sudah 1 minggu terakhir, ada kediaman umat GKR yang didatangi oleh oknum yang mengaku bernama “Alex” dan tinggal didaerah Jakarta Barat dengan ciri-ciri sbb. : pria dewasa, usia + 30 th, perawakan sedang / tinggi + 170 cm, kulit sawo matang, rambut pendek rapih dan mengendarai sepeda motor. Oknum tsb sangat pintar berbicara dan “mengarang cerita” untuk dikasihani tentang kesulitan biaya dalam mengurus perkawinan sedangkan calon istrinya sudah hamil besar. Oknum tsb mengaku sudah menghadap Pastor Paroki untuk mengurus perkawinan Gereja tetapi mendapati kendala dan disarankan untuk mengurus perkawinan sipil terlebih dahulu dengan diberikan uang sekedarnya oleh Pastor, sehingga ybs membutuhkan tambahan uang untuk pengurusan pencatatan sipil. Dimohon agar umat waspada dan melapor/bertanya kepada Ketua Lingkungan atau Sekretariat Paroki di no. telpon 5734375 apabila ada oknum yang meminta uang dengan mengatasnamakan hal-hal yang menyangkut Gereja





WARNA SARI


PENDAFTARAN ANGGOTA BARU MISDINAR

Putra-Putri Altar St. Tarsisius Gereja Kristus Raja Pejompongan membuka pendaftaran anggota baru dengan syarat usia minimal telah menerima Komuni Pertama dan maksimal kelas 2 SMA. Formulir pendaftaran dapat diambil di Babies Room setelah misa selesai. Informasi selengkapnya dapat menghubungi: Anastasia 0857.7444.4135



AYO SEKOLAH

TERTARIK MENJADI PENYANTUN AYO SEKOLAH?
AYO SEKOLAH adalah program bantuan pendidikan bagi anak usia sekolah dari keluarga yang kurang mampu di paroki kita. Misi utama AYO SEKOLAH adalah menyambung harapan anak-anak agar terus bersekolah dan memberi mereka kesempatan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pada kesempatan ini kami mengetuk hati Bapak/Ibu untuk kerelaannya menjadi orang tua asuh agar program ini bisa berjalan terus dan tidak pernah berhenti. Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi Tim Penyantun Ayo Sekolah GKR yaitu: Melani Debbyati Ramli No. HP. 0816 – 1107910 / Ursula Rini Dewanti 0816 – 1889734 / Ernita Miliani 0812 – 18500800




IE. KERASULAN KELUARGA & SIE.KERASULAN KITAB SUCI


Bagi umat atau keluarga, yang ingin menyelesaikan masalah perkawinan berkaitan dengan persiapan perkawinan dan pembicaraan seputar masalah keluarga yang lain, bisa menghubungi Bp. Andre Sumariyatmo, ketua SKK di HP no : 0815.9267.355 atau 0819.0820.8446 atau PIN BB : 22F7CC5C.


T I P S


TIPS AGAR TIDAK MENGGANGGU MISA:

1. Datanglah sebelum misa dimulai, sehingga ada kesempatan berdoa sebelumnya.

2. Jika anda terlambat datang dalam misa:
Anda akan mengganggu umat yang sudah lebih dulu hadir jika mencari tempat duduk saat umat yang lain: berlutut, mendengarkan: bacaan atau Injil atau homili, kecuali Petugas tata laksana mengijinkan anda.

3. Jangan mengobrol saat misa:
sekalipun suara anda perlahan (orang dibelakang anda akan terganggu dengan gerak-gerik anda), apalagi jika bersuara; kiri-kanan, depan-belakang akan terganggu.

4. Matikan perangkat gadget anda, hidupkan kembali saat misa selesai.




DATANG TERLAMBAT ATAU NGOBROL SAAT MISA


MENGGANGU UMAT LAINNYA;


PULANG CEPAT == >> MENOLAK BERKAT