KEGIATAN & WARNA SARI














PETUGAS PIKET SOSIAL BULAN JUNI 2014

Piket Pelayanan Sosial Ekonomi bulan Februari 2015 adalah lingkungan St. Maria dengan petugas Ibu
Rini Makinto 0816 1860 654 dan Ibu Debby Ramli 0816 1107 910.

Sedangkan petugas piket untuk bulan Maret 2015 adalah lingkungan Mgr. Sugiopranoto dengan
petugas Ibu Yani Lesmana 0878 8491 2170, Ibu Lisa Widjaya 570 2176 dan Ibu A.K. Yulan 572 0074






LINGKUNGAN


Selama masa prapaskah, umat katolik diajak mempersiapkan iman menyambut kebangkitan Sang Juru Selamat berikut ini adalah kegiatan yang diadakan di lingkungan



LINGKUNGAN WAKTU KEGIATAN TEMPAT
       
1. St. Andreas      
       
2. St. Fransiskus Xaverius Kamis, 5 Maret 2015 pk. 19.00 Pendalaman iman Kel. Budi Giyanto, PAM Baru
       
3. St. Lukas      
       
4. St. Maria Rabu, 4 Maret 2015 pk. 19.00 Pendalaman iman Ibu Jeanette Wijono
       
5 .Mgr. Sugiyopranoto Rabu, 4 Maret 2015 pk. 19.00 Pendalaman iman Lira
       
6. St. Yusup      
       
7 .St. Veronika Rabu, 4 Maret 2015 pk. 19.00 Pendalaman iman Kel. Surani
       
8. St. Yohanes      
       
9. St. Thomas Rabu, 4 Maret 2015 pk. 19.00 Pendalaman iman Kel. Surani
       
10,J.K. Darmoyuwono      
       
       
       
       
       

Dimohon kehadiran seLuruh warga Lingkungan dan membawa kitab suci serta buku panduan bagi warga Lingkungan yang akan mengadakan pendalaman iman



KOOR LANSIA

Koor Lansia membuka pendaftaran anggota koor. Pendaftaran dapat melalui para pelatih : Ibu Maria Margaretha Sri Marani Soejarto (0812.9883931) dan Ibu Regina Amekae (0852.17936955) setelah misa.




DAFTAR PETUGAS LITURGI





ENGLISH MASS







AGENDA RAPAT & PERTEMUAN / KEGIATAN







JADWAL IBADAT JALAN SALIB
Mulai tanggal 20 Februari 2015 - 27 Maret 2015, setiap hari Jumat pk. 18.00 diadakan Ibadat Jalan Salib , dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi. Khusus untuk hari Jumat 27 Februari 2015, pk. 19.00 Ibadat Renungan Jalan Salib akan diperagakan dalam bentuk pantomim oleh Milan Sladek dengan tema "The Way of The Cross" sehingga Misa Harian dirubah menjadi pagi hari pk. 06.00





SEKSI & KATEGORIAL


PADUAN SUARA EAX CHRISTI
Bagi muda-mudi berusia 14-35 tahun dan belum menikah serta ingin berpartisipasi memuji Tuhan melalui nyanyian, dipersilakan bergabung dan berlatih bersama Paduan Suara Rex Christi setiap Selasa pk. 19.30. Diutamakan yang berjenis suara Alto atau Tenor. Keterangan lebih lengkap dan pendaftaran dapat menghubungi Morena 0856.9500.2151.



PDKK
Akan mengadakan Persekutuan Doa pada hari Senin, 2 Maret 2015 pk. 19.00 di babies room. Tema : “Bukti Kasih Allah dan Bukti Nyata Pertobatan”. Pewarta : Bp. Ignatius Trisno Kambali



SEKSI PELAYANAN SOSIAN DAN EKONOMI (SPSE)
Akan mengadakan Rapat pada Selasa, 3 Maret 2015 pk. 19.00 di Babies Room. Mohon kehadiran pengurus PSE dan SSL.


PWK ST. MONIKA

PWK St. Monika akan mengadakan Rekoleksi Masa Prapaskah pada Senin, 23 Maret 2015 pk. 08.00 di Basement Gereja Kristus Raja dan ditutup dengan Misa Syukur. Kegiatan ini tidak dipungut biaya dan untuk pendaftaran dapat menghubungi Ibu Toni Ngantung di no Hp. 0817.0977.955.


LANSIA
Lansia akan memulai kegiatan senam gembira setiap hari Sabtu pk. 06.00 kecuali hari hujan.






WARNA SARI


PENDAFTARAN ANGGOTA BARU MISDINAR

Putra-Putri Altar St. Tarsisius Gereja Kristus Raja Pejompongan membuka pendaftaran anggota baru dengan syarat usia minimal telah menerima Komuni Pertama dan maksimal kelas 2 SMA. Formulir pendaftaran dapat diambil di Babies Room setelah misa selesai. Informasi selengkapnya dapat menghubungi: Anastasia 0857.7444.4135



KUNJUNGAN ROMO RUDY KE LINGKUNGAN ST.LUKAS

Akan diadakan kunjungan perkenaLan warga Lingkungan oLeh RD V. Rudy Hartono pada Selasa, 24 Februari 2015 pkl. 19.00 di Lingkungan St. Lukas dan akan diadakan di Ibu Paulus Lotulung. Acara : Misa Dialog.




PEMBEKALAN PRODIAKON :

Diharapkan kehadiran Calon dan Prodiakon dalam Pertemuan Pembekalan yang akan diadakan setiap hari Minggu, pk 17.00 - 19.00 dengan jadwal sbb :
Minggu: 01 , 08 , 15 dan 22 Maret 2015

Harap menjadi perhatian Calon dan Prodiakon dalam kegiatan ini.


KOTAK “PERSEMBAHAN PASKAH :
Panitia Paskah mengharapkan partisipasi dan sumbangan umat untuk berbagai kegiatan menjelang Paskah sampai dengan Pentakosta 2015, dengan memasukkan dana ke daLam 'Kotak Persembahan Paskah 2015' yang telah disediakan didekat tangga/pintu keluar Gereja.



UCAPAN TERIMA KASIH

Mengucapkan terima kasih RD V. Rudy Hartono, RD Y. Sulistiadi dan RP Alex Sugijanto OFM (Paroki Kramat), Dewan Paroki Kristus Raja, Pengurus dan anggota Lansia, atas partisipasinya dalam acara Temu Lansia Dekenat Jakarta Pusat pada hari Sabtu, 28 Februari 2015 Semoga pertemuan tsb menjadi sarana mempererat tali persaudaraan diantara para lanjut usia Paguyuban Adi Yuswo Simeon Hanna (Lansia) Gereja Kristus Raja



DIBUTUHKAN: OMK YANG INGIN TERLIBAT DALAM VISUALISASI
Dalam rangka memeriahkaan paskah OMK Paroki Kristus Raja akan mengadakan visualisasi kreatif dalam perayaan Jumat Agung, untuk itu kami mengundang umat dan teman-teman muda yang ingin terlibat dalam visualisasi ini. Bagi yang berminat dan informasi lebih lanjut dpt menghubungi Yosef 08568021735.



TUGAS KOOR GABUNGAN PEKAN SUCI 2015
Diharapkan kerjasama antar Lingkungan yang mendapat tugas daLam Pekan Suci agar dapat saLing berkomunikasi untuk mempersiapkan Latihan koor bersama. Berikut ini daftar tugas koor gabungan :

Waktu Tugas

 

Paduan Suara Lingkungan :

Sabtu, 28 Maret 2015

- Minggu PaLma

St. Lukas , St. Maria, Mgr.Sugiyopranoto

Kamis, 02 ApriL 2015

- Kamis Putih

Kard. JK.Darmoyuwono, St. Thomas, St. Veronika , St. Yusuf

Jumat, 03 ApriL 2015

- Jumat Agung

St. Andreas, St. Fransiskus Xaverius, St. Yohanes dan WKRI





LOMBA FOTOGRAFI DAN FILM PENDEK :

Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Jakarta mengadakan lomba Fotografi dan Film Pendek dengan ketentuan antara lain :
PENDAFTARAN DAN PENGUMUMAN PEMENANG:
 Lomba terbuka untuk umum, amatir, professional, wartawan maupun pekerja film.
 Pendaftaran dibuka mulai 1 Februari 2015 dan batas akhir penyerahan Foto atau Film Pendek tanggal 15 April 2015.
 Pengumuman pemenang dan Anugerah “INMI (INTER MIRIFICA) AWARDS” akan dilakukan pada “Hari Komunikasi Sedunia”, Sabtu, 16 Mei 2015 di Aula Atas Gereja Katedral, pk. 18.00 yang diawali dengan misa bersama Bapak Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo.

KETENTUAN UMUM LOMBA FOTOGRAFI DAN FILM PENDEK
 Peserta lomba dapat merupakan perorangan, kelompok, atau mengatas-namakan sekolah, lembaga, institusi, lingkungan, wilayah, atau paroki.
 Peserta yang sama BOLEH mengikuti kedua lomba ini tanpa dipungut biaya apa pun.
Tema Lomba Fotografi dan Film Pendek: “TIADA SYUKUR TANPA PEDULI” di tengah kehidupan kita, khususnya di ibu kota Jakarta.
 Hasil karya peserta dan seluruh unsur/bagian/elemen dalam karya itu sebagian atau seutuhnya merupakan karya orisinal, belum pernah dipublikasikan di mana pun atau untuk kepentingan apa pun, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba apa pun.
 Panitia tidak bertanggung jawab apabila di kemudian hari terjadi gugatan dari pihak lain berkaitan dengan materi yang diikutsertakan dalam lomba ini.
 Panitia berhak penuh menggunakan foto-foto dan film pendek pemenang sebagian atau seutuhnya untuk kepentingan dan kegiatan Gereja dengan mencantumkan nama peserta sebagai pemegang hak cipta. Karya yang tidak menang dapat pula digunakan oleh Panitia untuk kepentingan Gereja dengan memberi-tahu pemilik hak cipta. Keterangan lebih lengkap dapat dibaca dalam website www.kaj.or.id Dengan film dan foto karya Anda, ajaklah banyak orang untuk semakin bersyukur dengan peduli kepada sesama dan segala ciptaan.



KUISIONER PENDALAMAN IMAN LINGKUNGAN :
Dalam pertemuan pertama pendalaman iman yang diadakan disetiap lingkungan, umat diminta untuk mengisi lembar jawaban atas pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan Arah Dasar KAJ. Oleh karena itu dimohon para ketua lingkungan/pemandu lingkungan dapat mengumpulkan jawaban kuisioner yang telah diisi umat kepada Bp. Eddy Susanto (tidak perlu akhir pada akhir masa prapaskah) Selanjutnya akan dikirim ke KAJ sebagai data



BERMINAT MENULIS LAPORAN KEGIATAN :
Jika anda memiliki keberanian untuk menulis, terutama tulisan yang bersifat laporan kegiatan, silakan bergabung dengan seksi komunikasi sosial, sesuaikan dengan waktu anda miliki. berminat ? silakan hub gema paroki





AYO SEKOLAH


Pengurus Ayo Sekolah Gereja Kristus Raja mengucapkan SELAMAT PASKAH 2014 kepada seluruh umat paroki dan para penyantun dimanapun berada. Mari kita bangkit bersama Kristus untuk kehidupan dan harapan baru di hati kita. semoga berkat Paskah memberi semangat baru dalam perjalanan hidup kita dan dalam karya pelayanan kita bagi sesama.



Menyambut tahun ajaran baru 2013/14, Program AYO SEKOLAH - Paroki Kristus Raja membuka kesempatan bagi umat yang kurang mampu untuk mendaftarkan putra putrinya usia TK sampai dengan SMU/SMK untuk memperoleh bantuan biaya pendidikan. Formulir pendaftaran dapat diambil di Sekretariat Paroki.



TERTARIK MENJADI PENYANTUN AYO SEKOLAH?
AYO SEKOLAH adalah program bantuan pendidikan bagi anak usia sekolah dari keluarga yang kurang mampu di paroki kita. Misi utama AYO SEKOLAH adalah menyambung harapan anak-anak agar terus bersekolah dan memberi mereka kesempatan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pada kesempatan ini kami mengetuk hati Bapak/Ibu untuk kerelaannya menjadi orang tua asuh agar program ini bisa berjalan terus dan tidak pernah berhenti. Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi Tim Penyantun Ayo Sekolah GKR yaitu: Melani Debbyati Ramli No. HP. 0816 – 1107910 / Ursula Rini Dewanti 0816 – 1889734 / Ernita Miliani 0812 – 18500800



IE. KERASULAN KELUARGA & SIE.KERASULAN KITAB SUCI


Bagi umat atau keluarga, yang ingin menyelesaikan masalah perkawinan berkaitan dengan persiapan perkawinan dan pembicaraan seputar masalah keluarga yang lain, bisa menghubungi Bp. Andre Sumariyatmo, ketua SKK di HP no : 0815.9267.355 atau 0819.0820.8446 atau PIN BB : 22F7CC5C.



BERPUASA DAN BERPANTANG MENURUT GEREJA KATOLIK


BERPUASA DAN BERPANTANG MENURUT GEREJA KATOLIK

Bagaimanakah berpuasa yang benar menurut ajaran Gereja Katolik, kapan dan bagaimana puasa itu dilakukan? Pertama-tama perlu kita ketahui dulu alasan mengapa kita berpuasa dan berpantang. Bagi kita orang Katolik, puasa dan pantang artinya adalah tanda pertobatan, tanda penyangkalan diri, dan tanda kita mempersatukan sedikit pengorbanan kita dengan pengorbanan Yesus di kayu salib sebagai silih dosa kita dan demi mendoakan keselamatan dunia. Jadi puasa dan pantang bagi kita tak pernah terlepas dari doa. Dalam masa prapaska, maka puasa, pantang dan doa disertai juga dengan perbuatan amal kasih bersama-sama dengan anggota Gereja yang lain.

Dengan demikian, pantang dan puasa bagi kita orang Katolik merupakan latihan rohani yang mendekatkan diri pada Tuhan dan sesama, dan bukan untuk hal lain, seperti diit/supaya kurus, menghemat, dll. Dengan mendekatkan dan menyatukan diri dengan Tuhan, maka kehendak-Nya menjadi kehendak kita. Dan karena kehendak Tuhan yang terutama adalah keselamatan dunia, maka melalui puasa dan pantang, kita diundang Tuhan untuk mengambil bagian dalam karya penyelamatan dunia, dengan cara yang paling sederhana, yaitu berdoa dan menyatukan pengorbanan kita dengan pengorbanan Yesus di kayu salib. Kita pun dapat mulai mendoakan keselamatan dunia dengan mulai mendoakan bagi keselamatan orang-orang yang terdekat dengan kita: orang tua, suami/ istri, anak-anak, saudara, teman, dan juga kepada para imam, pemimpin Gereja, pemimpin negara, dst. Sumber: www.katolisitas.org



T I P S


TIPS AGAR TIDAK MENGGANGGU MISA:

1. Datanglah sebelum misa dimulai, sehingga ada kesempatan berdoa sebelumnya.

2. Jika anda terlambat datang dalam misa:
Anda akan mengganggu umat yang sudah lebih dulu hadir jika mencari tempat duduk saat umat yang lain: berlutut, mendengarkan: bacaan atau Injil atau homili, kecuali Petugas tata laksana mengijinkan anda.

3. Jangan mengobrol saat misa:
sekalipun suara anda perlahan (orang dibelakang anda akan terganggu dengan gerak-gerik anda), apalagi jika bersuara; kiri-kanan, depan-belakang akan terganggu.

4. Matikan perangkat gadget anda, hidupkan kembali saat misa selesai.




DATANG TERLAMBAT ATAU NGOBROL SAAT MISA


MENGGANGU UMAT LAINNYA;


PULANG CEPAT == >> MENOLAK BERKAT